Kamis, 06 November 2014

Struktur Kontrol Menggunakan BufferedReader dan JOptionPane

Pada bagian   ini,   kita   akan  mempelajari  tentang   struktur   kontrol dimana kita dapat mengubah cara eksekusi pada pernyataan yang dibuat di program kita.

Struktur   kontrol  adalah  pernyataan dari   Java  yang  mengijinkan  user  untuk memilih dan mengeksekusi blok kode spesifik dan mengabaikan blok kode yang lain.

Dalam membuat aplikasi tentunya bukan hanya membutuhkan masukan (input) dan keluaran (output). Namun aplikasi yang dibuat juga harus dapat memproses secara tepat data yang pengguna inputkan sehingga diharapkan dapat menampilkan output informasi yang tepat pula.

Untuk memproses data tersebut, dibutuhkan adanya prosedur yang tepat yang perlu dibuat yang merupakan suatu intruksi yang harus atau tidak harus dilakukan oleh komputer. Di dalam pemrograman, instruksi yang kita tuliskan dalam bentuk kode bahasa pemrograman, tentunya tidak harus dilakukan semua secara berurutan tetapi program harus bisa memilih apa yang harus dilakukan oleh komputer ketika menemui suatu kondisi khusus yang memerintahkan komputer untuk melakukan atau mengabaikannya. 

Di dalam java ada dua jenis struktur kontrol yaitu kontrol percabangan dan kontrol perulangan.

Berikut ini adalah contoh penerapan struktur kontrol untuk menghitung nilai rata-rata dari 3 inputan nilai dengan menggunakan BufferedReader.
Jika program tersebut di run, maka hasilnya seperti ini :
Kita juga bisa menggunakan JOptionPane sebagai inputannya. Kodingnya kira-kira seperti ini :
Hasilnya :

0 komentar:

Posting Komentar